Project Pemanfaatan Situs blog buat belajar
PEMANFAATAN SITUS BLOG SEBAGAI MEDIA PENYIMPAN CLOUD
BIG DATA ADMINISTRASI GURU - GURU MATA PELAJARAN ( MGMP)
DAN ANTAR MUKA PEMBELAJARAN DI ERA DIGITAL.
Oleh : Jurusan TKR Otomotif SMKN 1 Gunung Sindur.
Tujuan nya yaitu , sebagai media informasi, berbagi data administrasi dan digunakan sebagai LMS pada pembelajaran guru.
Manfaat yang diharapkan,
Satu. dapat mempublikasikan jadwal, pedoman pengajaran, atau pembaruan administratif guru.
Dua. dapat membuat entri situs blog untuk setiap pelajaran atau topik tertentu.
Tiga. dapat Sajikan materi ajar, tugas, atau sumber daya pendukung dalam bentuk tulisan, gambar, atau bahkan video.
Empat. Mennggunakan kategori atau label untuk mengorganisir konten agar mudah diakses.
Lima. memberikan ruang untuk interaksi dengan siswa melalui komentar atau formulir kontak.
Enam. untuk dapat menyematkan link ke materi tambahan atau sumber daya eksternal yang mendukung pembelajaran.
Tujuh. Situs blog adalah situs yang tidak berbayar alias tidak ada iuran tahunannya, namun memiliki tampilan yang menarik yang sama dengan situs web.
Berikut ini adalah situs blog yang sedang berjalan dan proses penyempurnaan
Selanjutnya adalah Data data yang harus dimiliki guru untuk memasukkan ke dalam situs blog .
Satu. Adminitrasi guru .
Terdiri dari :
berikut ini salah satu contoh perencanaan pembelajaran yang ditampilkan dari situs blog .seluruh data tersimpan dan dapat di buka sesuai kebutuhan.
berikut ini adalah salah satu tampilan di situs blog yang dapat diakses untuk pembelajaran . sebelumnya penulis menyimpan link youtube di situs blog untuk ditonton oleh siswa, namun diperjalanannya ternyata efektifitasnya rendah dalam menonton tayangan yang durasinya lebih dari lima menit.
Materi belajar dalam bentuk teks modul .
Materi belajar dalam bentuk teks modul, bahan ajar ini tersimpan di postingan situs blog sehingga siswa dapat belajar dengan modul tersebut untuk menambah pengetahuan dan literasi siswa.
Materi presentasi berupa powerpoint aksesnya juga tersedia di situs blog yang diteruskan melalui data di google drive. Materi presentasi ini digunakan oleh guru dan atau siswa saat pembelajaran klasikal di kelas.
didalam situs blog sudah tersedia halaman soal pilihan ganda yang sesuai dengan materi pembelajarannya. Penilain soal pilihan ganda terdapat di google form guru. Penilaian soal pilihan ganda diberikan saat penilaian pree test ataupun post test, untuk mengukur pengetahuan siswa sebelum dan sesudah pembelajaran. Yang nilainya dapat langsung terlihat secara realtime.
didalam situs blog sudah tersedia halaman soal essay yang sesuai dengan materi pembelajarannya. Penilain soal essay terdapat di google form guru. Penilaian soal essay diberikan saat penilaian ulangan harian, digunakan untuk mengukur pengetahuan sesudah proses pembelajaran. Yang nilainya tidak dapat langsung terlihat secara realtime. Namun harus dikoreksi oleh guru secara manual.
Penilaian tugas terstruktur menggunakan jobsheet / LKS. Setelah siswa cukup faham tentang pokok bahasan yang telah diberikan baik melalui tayangan vidio, literasi modul bahkan presentasi guru dilanjutkan siswa melaksanakan kegiatan praktek langsung di bengkel sekolah dengan pendampingan guru.
Penilaian tugas tidak terstruktur menggunakan situs blog yang diteruskan ke google form. Penugasan terstruktur waktu penyelesaiannya termasuk panjang dan pelaksanaannya diluar jam sekolah. Siswa mengerjakan tugas sesuai intruksi yang ada di form tersebut, dan penilaian dilakukan secara manual berdasarkan hasil laporan tugas siswa yang dikirim balik ke g form tersebut..
Tiga. Media sosial .
you tube ( tentatif ).
Instaram ( tentatif ).
Facebook ( tentatif ).
whatts App .
Empat. Media Penyimpanan G Drive
Media penyimpan cloud g drive melalui akun belajar.id dengan kapasitas 100 GB. Dimana guru mempunyai ruang penyimpanan data yang sangat lega yang diberikan kementrian pendidikan nasional.
Contoh Alur penggunaan Aplikasi dalam pembelajaran hybrid dengan LMS
Keterangan Flowchart.
Dari gambar flowchart, tergambar Kegiatan belajar dibagi 3, yaitu pembelajaran malam di rumah dan pembelajan siang disekolah. Maksud dari adanya kegiatan malam yaitu :
menyibukan siswa untuk fokus belajar dengan gadgednya dalam mempersiapkan diri pada pelajaran esok hari.
kegiatan pembelajaran di sekolah membekali siswa untuk memiliki pengetahuan yang cukup sebelum masuk ruang kelas sekolah sehingga diharapkan ada proses percepatan pemahaman belajar siswa lebih baik dan terciptanya pembelajaran dua arah.
Di hari berikutnya pembelajaran disekolah, Siswa melaksanakan kegiatan rutin seperti kegiatan malam namun diteruskan dengan ulangan harian dari materi yang sudah di bahas dalam bentuk soal essay.
Berikut ini urutannya :
Satu.
Saat malam hari di rumah, Siswa diberikan link tontonan vidio ke whatss app group materi pelajaran esok hari, selanjutnya siswa menonton dan menyimak materi tersebut dengan membuat kesimpulan dari tayangan vidio tersebut di buku catatan. Setelah itu siswa mengirim hasil belajar malamnya di link kegiatan malam yang telah diberikan berbarengan dengan link tontonan vidio.
Dua.
Esok harinya disekolah siswa mengikuti awal pembelajaran yang dibimbing oleh gurunya baik disekolah maupun dikelas saat awal pembelajaran. Yang umumnya diberikan berupa materi soft skhill seperti tadarusan, siraman rohani, pembacaan kitab suci , sholat duha dan lain sebagainya.
Tiga .
Siswa diberikan soal pre test melalui pesan whats app group untuk link soal pre test pilihan ganda. Nilai pree test secara otomatis akan terlihat.
Empat.
Secara mandiri pula siswa diarahkan untuk membaca modul dari link situs blog yang diberikan guru melalui pesan whatts app group sebagai bahan literasi siswa dalam membuat kesimpulan nantinya.
Lima.
Selanjutnya guru melakukan presentasi yang bahan presentasinya diambil dari gdrive dengan membuka aksesnya melalui situs blog . Dikelas klasikal sambil interaksi dua arah anta guru dan siswa dalam diskusi dan tanya jawab.
Enam.
Siswa membuat resume / ringkasan hasil belajar pada materi tersebut di buku catatan siswa lalu kirim bukti belajar siswa ke link yang telah diberikan guru yang ada di situs blog . Catatan resume belajar ini juga sebagai bekal belajar siswa dikemudian hari dalam menghadapi ulangan ulangan.
Catatan. Jika siswa mengerjakan resume maka lanjut ke materi selanjutnya namun jika tidak maka siswa diminta untuk membaca kembali secara mandiri materi dari modul tersebut di situs blog
Tujuh.
Siswa diberikan link jobsheet / LKS untuk kegiatan praktek disekolah, yang selanjutnya siswa mempelajarinya dengan berdiskusi dengan guru prakteknya.
Delapan.
siswa melaksanakan kegiatan praktek didampingi guru praktek sambil mengisi data data yang bersumber dari link jobsheet yang telah diberikan. Hasil catatan jobsheetnya wajib dikirim kembali di link tersebut untuk dilakukan penilaian hasil kerja.
Catatan : jika siswa telah mengirimkan balik hasil prakteknya maka siswa lanjut melakukan kegiatan selanjutnya namun jika belum maka siswa di haruskan mempelajari kembali jobsheet yang telah diberikan link nya.
Sembilan.
Kegiatan post test dilakukan setelah siswa melakukan kegiatan praktukum dimana untuk mengukur kemampuan akhir siswa setelah melakukan proses pembelajaran teori dan praktek. Dengen link yang telah diberikan oleh gurunya yang berasal dari situs blog .
Sepuluh.
Dihari berikutnya SISWA DIBERIKAN Ulangan Harian dalam bentuk soal essay, dimana gurunya telah memberikan link soal ulangan harian dalam bentuk essay di gform dari situs blog dengan penilaian secara manual oleh guru.
Sebelas.
Siswa diberikan link tugas tidak terstruktur berupa penugasan di luar sekolah untuk menambah wawasan ilmu siswa di lingkungannya berupa link penugasan g for yang diakses melalui situs blog. kegiatan ini dilakukan secara berkelompok, yang selanjutnya siswa mengerjakan tugas dengan berdiskusi dengan teman sekelasnya.
Berikut ini adalah PANDUAN PENGGUNAAN LMS oleh guru selama aktifitas pembelajaran disekolah maupun penugasan dirumah. Selamat menyaksikan
Komentar
Posting Komentar