Minggu, 19 Mei 2024

Membuat promosi offline dan online

DIBAWAH INI LINK VIDIO TENTANG MENENTUKAN MEDIA PROMOSI  


"MEDIA PROMOSI PEMASARAN"

 

MEDIA PROMOSI PEMASARAN

A. promosi dalam pemasaran

 promosi adalah suatu aktivitas komunikasi yang dilakukan antara seseorang atau suatu unit usaha dan masyarakat luas dengan tujuan memperkenalkan suatu produk sekaligus memengaruhi masayarakat luas agar membeli dan menggunakan produk tersebut

1. Pengertian promosi menurut para ahli 

a.      Menurut swashta,                                                                                                                         

promosi adalah  bentuk persuasi atau arah yang dibuat untuk memengaruhi orang lain dengan tujuan menciptakan tujuan pemasaran.

b.  Menurut bone dan kurtz,                                                                                                               

promosi adalah proses menginformasikan, membujuk dan memengaruhi keputusan pembeli.

c.  Menurut tjiptono                                                                                                                                       

promosi adalah sebagai bentuk komunikasi  dalam rangka menyebarkan informasi, memengaruhi/ membujuk serta mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan

d. Menurut kotler                                                                                                                                     

promosi bagian dan proses strategi pemasaran sebagai cara untuk  berkomunikasi dengan pasar menggunakan komposisi bauran promosi

e. Menurut zimmerer                                                                                                                               

promosi aadalah segala macam bentuk komunikai persuasi yang dirancang untuk menginformasikan pelanggan mengenai produk

Tujuan promosi

a. menyebarluaskan informasi mengenai suatu produk kepada masyarakat atau calon konsumen potensial

b. Menjangkau dan mendapatkan konsumen baru sert menjaga loyalitas mereka

c. Membantu menginformasikan keunggulan dan pembeda produk yang dimiliki dibandingkan dengan produk  pesaing

d. Menciptakan citra suatu produk dimata konsumen sesuai keinginan perusahaan

e. Memengaruhi pendapat dan perilaku konsumen terhadap suatu produk

Jenis jenis promosi

 a.  promosi secara langsung

 merupakan cara mengenalkan dengan bertemu dengan calon konsumen secara langsung dalam suatu wilayah yang telah ditentukan.

Contoh; membagi brosur pada sebuah bazar

b. Promosi melaalui media offline

cara untuk mengenalkan produk dengan media offline seperti media cetak dan media elektronik

Contoh; pemasangan iklan pada brosur,koran,majalah,radio,televisi,banner, dll

c. Promosi melalui media online

jenis promosi inimengenalkan produk, merek dan usaha melalui media dgital seperti media sosial yaitu  instagram,facebook,twitter dan pinteres

B. Gambaran Usaha Offline dan Online

1. Modal

a.      Usaha online membutuhkan modal yang lebih murah karena biaya awal yang dibutuhkan untuk membuka toko online hampir bisa dikatakan gratis jika siswa hanya membuat website tidak berbayar

b.       Usaha ofline membutuhkan persiapan yang matang karena modal  yang dibutuhkan relatif banyak. Contohnya , siswa harus menyiapkan modal untuk sewa gedung yang semakin mahal.

2. Jangkauan Pemasaran

a. Usaha online mempunyai jangkauan yang sangat luas. siswa berkesempatan mendapatkan pembeli dari seluruh indonesia bahkan dunia karena menggunakan media internet yang bersifat online keseluruh dunia dan mampu dilihat oleh orang dari berbagai kota / wilayah / daerah / negara yang ada.

b.Usaha offline memiliki jangkauan yang lebih sempit, mungkin hanya pada orang-orang disekitar tokom atau daerah tersebut.

3. Waktu Operasional

a. Usaha online tidak terkait oleh waktu sehingga dapat beroperasi selama 24 jam.

b. Usah offlline hanya dapat beroperasi pada waktu-waktu tertentu , sekitar 8 jam per hari dan akan tutup pada tanggal merah dan hari libur.

4. Sistem Pemasaran

a. Usaha online tidak membutuhkan sistem pemasaran yang rumit , seperti harus mengeluarkan uang untuk cetak brosur dan menyebarkan ke masyarakat.

b. Usaha offline masih membutuhkan dan memakai sistem cetak brosur yang membutuhkan modal tidak sedikit dan siswa juga harus repot membagikan brosur tersebut agar banyak orang melihatnya.

5. Jenis Produk

a. Usaha online bisa menjual berbagai jenis produk. Namun, akan lebih murah apabila menjual jenis barang yang lebih spesifik karena masyarakat umumnya mencari sesuai dengan barang yang sedang dibutuhkan di internet.

b. Usaha offline bisa menjual berbagai jenis barang dalam satu toko , tetapi tentunya akan terbatas pada tempat dan penyedian stok brang.

6. Jumlah Persedian Produk

    a. Usaha online tidak harus memiliki persedian atau stok produk.

    b. Usaha offline siswa harus mempunyai stok barang yang akan dipasarkan dan siswa perlu mencermati barang yang harus diantisipasi ketersediannya.

7. Cara Penjualan

     a. Usaha online melakukan penjualan dengan cara bertransaksi melalui media digital sehingga tidak perlu terjadi tatap muka

     b. Usaha offline melakukan penjualan dengan tatap muka secara langsung dengan pembeli.

8. Sistem Pembayaran

a. Usaha online menerapkan sistem pembayaran secara online , yaitu berupa berupa transfer bank ke rekening penjual .

b. Usaha offline menerapkan sistem pembayaran langsung, bersamaan dengan saat pembeli datang memilih barang yang diinginkan.

9. Tenaga Kerja

a. Usaha online tidak membutuhkan banyak tenaga kerja untuk mengerjakannya .

b. Usaha offline sangat membutuhkan tenaga kerja bantuan , terutama ketika siswa baru membuka tempat usahanya .

10. Pembukaaan Cabang

a. Usaha online bisa memiliki cabang banyak , hanya dengan cara membuat banyak website atau membuat toko secara gratis di platfrom marketplace , baik secara gratis maupun berbayar , seperti Tokopedia , Shopee, Bukalapak , Lazada .

b. Usaha offline siswa baru membuka cabang diwilayah yang berbeda dengan pasar cukup menyakinkan .

C. Media Promosi Offline

        Media promosi offline adalah media untuk memberitahukan mengenai produk dan profil usaha melalui alat yang berwujud dan langsung tertuju kepada target konsumen. Contoh media promosi offline , antara lain surat kabar , radio , dan televisi. 

Definisi – definisi iklan menurut para ahli.

a. Peter dan Olson                                                                                                                           

merupakan iklan sebagai penyajian informasi nonpersonal mengenai suatu produk , merek , unit , usaha ,atau toko yang dilakukan dengan bayaran tertentu.

b. Kriyantono                                                                                                                                         

mendefinisikan iklan sebagai bentuk komunikasi nonpersonal yang menjual pesan-pesan secara persuasif dari sponsor dengan membayar sejumlah biaya guna memengaruhi orang agar membeli suatu produk

.c. Durianto                                                                                                                                               

mendefiniskan iklan sebagai proses komunikasi yang beretujuan membujuk atau mengiring orang agar mengambil tindakaan yang menuntungkan bagi pihak pembuat iklan.

d. Russel dan Lane                                                                                                                             

berpendapat bahwa iklan ialah suatu pesan yang dibayar oleh sponsor dan disampaikan melalui beberapa media komunikasi massa

1.             Media promosi ruang terbuka

1.Brosuer arau pamflet

2.Booklet

3.Katalog

4.Leaflet

5.Flyer

6.Kartu nama

7.Billboart

8.Baliho

9.Spanduk

10.Banner

2.. media promosi spaduk

 Alternative Perkembangan teknologi percetakan membuat bentuk media promosi semakin beragam seperti jam dinding,gelas,piring,botolminum,flashdisk,kaos,topi,tas,payung, dll

3.Media promosi ofline                                                                                                                              

a.word of mouth                                                                                                                                                     

Lebih di kenal dengan istilah promosi dari mulut ke mulut atau getok tular                      

b.tester/sample                                                                                                                                                      Promosi ini menggunakan media contoh produk yang di bagikan secara langsung kepada orang-orang yang menjadi target promosi                                                                                            

C.Surat penawaran                                                                                                                                                

media promosi ini menggunakan surat yang memuat info singkat tentang produk atau jasa yang di hasilkan usaha ke pada pihak lainya yang menjadi target pomosi                             

D.Telemarketing                                                                                                                                                     merupakan media promosi lewat telpon langsung untuk memberi tahu mengenai informasi produk atau penawaran khusus                                                                                                        

E.Iklan mediacetak                                                                                                                                                

promosi ini dilakukan dengan beriklan di media cetak seperti surat kabar,majalah,tabloid,dan media cetak lain nya                                                                               

F.Iklan media elektronik

promosi ini di lakukan dengan  beriklan     di media elektronik seperti radio dan televisi

4.Media Promosi Online

adalah media yang dapat digunakan untuk melakukan promosi dengan teknologi digital dan internet.

Media social                                                                                                                           

merupakan situs dimana setiap oarang bisa membuat web page pribadi,kemudian terhubung dengan teman-teman untuk berbagi informasi dan berkomunikasi lima media sosial yang dpat mendukung bisnis online siswa;

facebook                                                                                                                                                  

Merupakan media sosial terbesar saat ini,Melalui facebook kita dapat membina hubungan dengan pelanggan dan klien bisnis serta sebagai media periklanan yang sangat efektif

twitter                                                                                                                                                       

Merupakan salah satu media sosial dengan jumlah pengguna yang banyak sehingga banyak pengusaha yang memanfaatkan media sosial ini sebagai media pemasran dan biasanya cukup berhasil untuk mendapatkan perhatian masyarakat di internet

     

instagram                                                                                                                                                      Merupakan salah satu media sosial dengan jumlah pengguna yang banyak sehingga banyak pengusaha yang memanfaatkan media sosial ini sebagai media pemasran dan biasanya cukup berhasil untuk mendapatkan perhatian masyarakat di internet

 

Whatshapp dan line

Merupakan aplikasi pesan singkat yang memiliki banyak pengguna. Melalui wa anda dapat mempromosikan produk dengan cara mengirimkan broadcast dan mengunggah foto produk dalam fitur wa status.

 

        Linkedln                                                                                                                                            situs ini adalah tempat terbaik untuk para profesional yang ingin meningkatkn karir

        Pinterste                                                                                                                                              situs ini merupakan tempat berbagi minat para netter dengan mengirimkan gambar yang mereka sukai

 2.SEOGoogle                                                                                                                                          

Seo merupakan kepanjangan dari search engine Optimization milik Google yang merupakan situs pencarian yang tidak berbayar atau non iklan dari sebuah mesin pencari

 3.Blog dan website untuk bisnis                                                                                                          

blog adalah sebuah aplikasi web yang berupa aneka macam tulisan yang dimuat sebagai artikel pada sebuah halaman web umum.

 a.konten                                                                                                                                                 

sebuah blog dapat berisi berbagai macam konten

b.bahasa konten                                                                                                                          

menggunakan bahasa yang berbeda untuk menangani pembacanya

c.coding                                                                                                                                

adalah bahasa pengodean yang biasanya dimengerti oleh programer atau pembuat program

d.Daftar konten                                                                                                                    

sebuah blog yang memiliki daftsr kronologis postingan

e. Home page                                                                                                                        

menjelaskan isi dasar situs web

f.Rating                                                                                                                                  

sebuah blog yang dianggap aktif bergantung pada jumblah pengunjung aktif yang dimiliki nya

g.Waktu                                                                                                                               

waktu yang tepat sangat penting untuk kesuksesan sebuah blog    

h.Interaksi pengguna                                                                                                          

blog menawarkan pengunjung opsi untuk berkomentar ,meyukai ,danmembagikan postingan

i.Search engine                                                                                                                     

blog yang akan di cari lebih banyak dibandingkan dngan website karna isi blog berubah .

 marketplace                                                                                                                                          

marketplace adalah “pasar diinternet”  pasar yang satu ini juga merupakan tempat jual beli barang atau tempat bertemunyaa penjual dan pembeli.

Berikut adalah beberapa keuntungan  yang dpt jika  berpromosi dimarketplace;                        

a sudah terciptanya transaksi jual beli                                                                                           

b banyak belajar  dari sesama panjual                                                                                            

c keamanan bertransaksi dengan rekening bersama                                                                       

d bisa memanfaatkan promosi gratis                                                                                              

e memiliki daya tarik untuk konsumen karena konsep seba ada

youtube                                                                                                                                      

adalah layanan video dihosting online yang memungkinkan orang untuk berbagi video mereka

 

 

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan unggulan

Buku Hobies

 Konversi mesin bahan bakar bensin menjadi bahan bakar elpiji Bab I: Pendahuluan   1.1 Latar Belakang   Pertumbuhan populasi pendudu...