"MEDIA PROMOSI PEMASARAN"
MEDIA PROMOSI PEMASARAN
A. promosi dalam pemasaran
promosi adalah suatu
aktivitas komunikasi yang dilakukan antara seseorang atau suatu unit usaha dan
masyarakat luas dengan tujuan memperkenalkan suatu produk sekaligus memengaruhi
masayarakat luas agar membeli dan menggunakan produk tersebut
1. Pengertian promosi menurut para ahli
a. Menurut swashta,
promosi adalah bentuk
persuasi atau arah yang dibuat untuk memengaruhi orang lain dengan tujuan
menciptakan tujuan pemasaran.
b. Menurut bone dan kurtz,
promosi adalah proses
menginformasikan, membujuk dan memengaruhi keputusan pembeli.
c. Menurut tjiptono
promosi adalah sebagai bentuk
komunikasi dalam rangka menyebarkan informasi, memengaruhi/ membujuk
serta mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan
d. Menurut kotler
promosi bagian dan proses
strategi pemasaran sebagai cara untuk berkomunikasi dengan pasar menggunakan
komposisi bauran promosi
e. Menurut zimmerer
promosi aadalah segala macam
bentuk komunikai persuasi yang dirancang untuk menginformasikan pelanggan
mengenai produk
Tujuan promosi
a. menyebarluaskan informasi
mengenai suatu produk kepada masyarakat atau calon konsumen potensial
b. Menjangkau dan mendapatkan
konsumen baru sert menjaga loyalitas mereka
c. Membantu menginformasikan
keunggulan dan pembeda produk yang dimiliki dibandingkan dengan
produk pesaing
d. Menciptakan citra suatu
produk dimata konsumen sesuai keinginan perusahaan
e. Memengaruhi pendapat dan
perilaku konsumen terhadap suatu produk
Jenis jenis promosi
a. promosi
secara langsung
merupakan cara mengenalkan
dengan bertemu dengan calon konsumen secara langsung dalam suatu wilayah yang
telah ditentukan.
Contoh; membagi brosur pada
sebuah bazar
b. Promosi melaalui media offline
cara untuk mengenalkan produk
dengan media offline seperti media cetak dan media elektronik
Contoh; pemasangan iklan pada
brosur,koran,majalah,radio,televisi,banner, dll
c. Promosi melalui media online
jenis promosi inimengenalkan
produk, merek dan usaha melalui media dgital seperti media sosial
yaitu instagram,facebook,twitter dan pinteres
B. Gambaran Usaha Offline dan Online
1. Modal
a. Usaha online membutuhkan modal yang lebih murah karena biaya awal yang
dibutuhkan untuk membuka toko online hampir bisa dikatakan gratis jika siswa
hanya membuat website tidak berbayar
b. Usaha ofline membutuhkan persiapan yang matang karena
modal yang dibutuhkan relatif banyak. Contohnya , siswa harus
menyiapkan modal untuk sewa gedung yang semakin mahal.
2. Jangkauan Pemasaran
a. Usaha online mempunyai jangkauan yang sangat luas. siswa berkesempatan mendapatkan pembeli dari seluruh indonesia bahkan dunia karena menggunakan media internet yang bersifat online keseluruh dunia dan mampu dilihat oleh orang dari berbagai kota / wilayah / daerah / negara yang ada.
b.Usaha offline memiliki jangkauan yang lebih sempit, mungkin hanya pada orang-orang disekitar tokom atau daerah tersebut.
3. Waktu Operasional
a. Usaha online tidak terkait oleh waktu sehingga dapat beroperasi selama 24 jam.
b. Usah offlline hanya dapat beroperasi pada waktu-waktu tertentu , sekitar 8 jam per hari dan akan tutup pada tanggal merah dan hari libur.
4. Sistem Pemasaran
a. Usaha online tidak membutuhkan sistem pemasaran yang rumit , seperti harus mengeluarkan uang untuk cetak brosur dan menyebarkan ke masyarakat.
b. Usaha offline masih membutuhkan dan memakai sistem cetak brosur yang membutuhkan modal tidak sedikit dan siswa juga harus repot membagikan brosur tersebut agar banyak orang melihatnya.
5. Jenis Produk
a. Usaha online bisa menjual berbagai jenis produk. Namun, akan lebih murah apabila menjual jenis barang yang lebih spesifik karena masyarakat umumnya mencari sesuai dengan barang yang sedang dibutuhkan di internet.
b. Usaha offline bisa menjual berbagai jenis barang dalam satu toko , tetapi tentunya akan terbatas pada tempat dan penyedian stok brang.
6. Jumlah Persedian Produk
a. Usaha
online tidak harus memiliki persedian atau stok produk.
b. Usaha
offline siswa harus mempunyai stok barang yang akan dipasarkan dan siswa perlu
mencermati barang yang harus diantisipasi ketersediannya.
7. Cara Penjualan
a.
Usaha online melakukan penjualan dengan cara bertransaksi melalui media digital
sehingga tidak perlu terjadi tatap muka
b.
Usaha offline melakukan penjualan dengan tatap muka secara langsung dengan
pembeli.
8. Sistem Pembayaran
a. Usaha online menerapkan
sistem pembayaran secara online , yaitu berupa berupa transfer bank ke rekening
penjual .
b. Usaha offline menerapkan sistem pembayaran langsung, bersamaan dengan saat pembeli datang memilih barang yang diinginkan.
9. Tenaga Kerja
a. Usaha online tidak membutuhkan banyak tenaga kerja untuk mengerjakannya .
b. Usaha offline sangat membutuhkan tenaga kerja bantuan , terutama ketika siswa baru membuka tempat usahanya .
10. Pembukaaan Cabang
a. Usaha online bisa memiliki cabang banyak , hanya dengan cara membuat banyak website atau membuat toko secara gratis di platfrom marketplace , baik secara gratis maupun berbayar , seperti Tokopedia , Shopee, Bukalapak , Lazada .
b. Usaha offline siswa baru membuka cabang diwilayah yang berbeda dengan pasar cukup menyakinkan .
C. Media Promosi Offline
Media promosi offline adalah media untuk memberitahukan mengenai produk dan profil usaha melalui alat yang berwujud dan langsung tertuju kepada target konsumen. Contoh media promosi offline , antara lain surat kabar , radio , dan televisi.
Definisi – definisi iklan menurut para ahli.
a. Peter dan Olson
merupakan iklan sebagai
penyajian informasi nonpersonal mengenai suatu produk , merek , unit , usaha
,atau toko yang dilakukan dengan bayaran tertentu.
b. Kriyantono
mendefinisikan iklan sebagai
bentuk komunikasi nonpersonal yang menjual pesan-pesan secara persuasif dari
sponsor dengan membayar sejumlah biaya guna memengaruhi orang agar membeli
suatu produk
.c. Durianto
mendefiniskan iklan sebagai
proses komunikasi yang beretujuan membujuk atau mengiring orang agar
mengambil tindakaan yang menuntungkan bagi pihak pembuat iklan.
d. Russel dan Lane
berpendapat bahwa iklan ialah
suatu pesan yang dibayar oleh sponsor dan disampaikan melalui beberapa media
komunikasi massa
1. Media promosi ruang terbuka
1.Brosuer arau pamflet
2.Booklet
3.Katalog
4.Leaflet
5.Flyer
6.Kartu nama
7.Billboart
8.Baliho
9.Spanduk
10.Banner
2.. media promosi spaduk
Alternative Perkembangan teknologi percetakan
membuat bentuk media promosi semakin beragam seperti jam
dinding,gelas,piring,botolminum,flashdisk,kaos,topi,tas,payung, dll
3.Media promosi ofline
a.word of mouth
Lebih di kenal dengan istilah promosi dari mulut ke mulut atau getok
tular
b.tester/sample Promosi ini menggunakan media contoh produk yang di bagikan secara langsung kepada orang-orang yang menjadi target promosi
C.Surat penawaran
media promosi ini menggunakan surat yang memuat info singkat tentang
produk atau jasa yang di hasilkan usaha ke pada pihak lainya yang menjadi
target pomosi
D.Telemarketing merupakan media promosi lewat telpon langsung untuk memberi tahu mengenai informasi produk atau penawaran khusus
E.Iklan mediacetak
promosi ini dilakukan dengan beriklan di media cetak seperti surat
kabar,majalah,tabloid,dan media cetak lain nya
F.Iklan media elektronik
promosi ini di lakukan dengan beriklan di media elektronik seperti
radio dan televisi
4.Media Promosi Online
adalah media yang dapat
digunakan untuk melakukan promosi dengan teknologi digital dan internet.
Media social
merupakan situs dimana setiap oarang bisa membuat web page
pribadi,kemudian terhubung dengan teman-teman untuk berbagi informasi dan
berkomunikasi lima media sosial yang dpat
mendukung bisnis online siswa;
Merupakan media sosial terbesar
saat ini,Melalui facebook kita dapat membina hubungan dengan pelanggan dan
klien bisnis serta sebagai media periklanan yang sangat efektif
Merupakan salah satu media
sosial dengan jumlah pengguna yang banyak sehingga banyak pengusaha yang
memanfaatkan media sosial ini sebagai media pemasran dan biasanya cukup
berhasil untuk mendapatkan perhatian masyarakat di internet
instagram Merupakan
salah satu media sosial dengan jumlah pengguna yang banyak sehingga banyak
pengusaha yang memanfaatkan media sosial ini sebagai media pemasran dan
biasanya cukup berhasil untuk mendapatkan perhatian masyarakat di internet
Whatshapp dan line
Merupakan aplikasi pesan singkat
yang memiliki banyak pengguna. Melalui wa anda dapat mempromosikan produk
dengan cara mengirimkan broadcast dan mengunggah foto produk dalam fitur wa
status.
• Linkedln
situs ini adalah tempat
terbaik untuk para profesional yang ingin meningkatkn karir
• Pinterste situs ini merupakan tempat berbagi minat para netter dengan mengirimkan gambar yang mereka sukai
2.SEOGoogle
Seo merupakan kepanjangan dari search engine Optimization milik Google yang merupakan situs pencarian yang tidak berbayar atau non iklan dari sebuah mesin pencari
3.Blog dan website untuk bisnis
blog adalah sebuah aplikasi web yang berupa aneka macam tulisan yang
dimuat sebagai artikel pada sebuah halaman web umum.
a.konten
sebuah blog dapat berisi berbagai macam konten
b.bahasa konten
menggunakan bahasa yang berbeda untuk menangani pembacanya
c.coding
adalah bahasa pengodean yang biasanya dimengerti oleh programer atau
pembuat program
d.Daftar konten
sebuah blog yang memiliki daftsr kronologis postingan
e. Home page
menjelaskan isi dasar situs web
f.Rating
sebuah blog yang dianggap aktif bergantung pada jumblah pengunjung aktif
yang dimiliki nya
g.Waktu
waktu yang tepat sangat penting untuk kesuksesan sebuah blog
h.Interaksi pengguna
blog menawarkan pengunjung opsi untuk berkomentar ,meyukai
,danmembagikan postingan
i.Search engine
blog yang akan di cari lebih banyak dibandingkan dngan website karna isi
blog berubah .
marketplace
marketplace adalah “pasar
diinternet” pasar yang satu ini juga merupakan tempat jual beli
barang atau tempat bertemunyaa penjual dan pembeli.
Berikut adalah beberapa
keuntungan yang dpt jika berpromosi
dimarketplace;
a sudah terciptanya transaksi
jual
beli
b banyak belajar dari
sesama
panjual
c keamanan bertransaksi dengan
rekening
bersama
d bisa memanfaatkan promosi
gratis
e memiliki daya tarik untuk
konsumen karena konsep seba ada
youtube
adalah layanan video dihosting
online yang memungkinkan orang untuk berbagi video mereka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar