Sabtu, 13 Januari 2024

MATERI : 11.8. Perencanaan proses produksi

Memahami urutan tahap perencanaan proses produksi yang tepat dapat membantu proses manufaktur untuk menghemat biaya, waktu, serta tenaga. Kamu dapat menghindari hambatan selama proses produksi dengan mempersiapkan terlebih dahulu berapa banyak barang yang akan diproduksi serta bahan apa saja dan berapa banyak tenaga kerja yang dibutuhkan.

Sebelum melakukan proses produksi, pastikan kamu telah mempersiapkan berbagai hal yang dibutuhkan. Apalagi, proses persiapan tersebut merupakan salah satu tahapan perencanaan produksi. Agar dapat menerapkannya dengan baik, simak penjelasan mengenai pengertian dari proses produksi, tujuannya, jenisnya, serta tahapannya berikut ini.

 


Apa Pengertian Perencanaan Produksi?

Perencanaan produksi adalah suatu perencanaan strategis yang dilakukan oleh suatu produsen atau perusahaan ketika akan memproduksi sebuah barang atau jasa. Perencanaan tersebut antara lain: memastikan produk yang dibuat, volume dan kapasitas produksi, bahan yang dibutuhkan, penjadwalan, dan lain-lain.

Baca Juga: Pengertian Manajemen Produksi dan Fungsinya

Perencanaan selama produksi juga merupakan panduan untuk pengembangan desain dan produksi barang atau jasa tertentu. Selain itu, jika sebuah perusahaan melakukan perencanaan produksi terlebih dahulu, maka proses manufaktur akan lebih efisien.

Apa Tujuan Perencanaan Produksi?

Perusahaan dapat memantau proses produksi, mengidentifikasi masalah, mengirimkan produk secara tepat waktu, serta menghindari eskalasi masalah jika mereka melakukan perencanaan produksi yang efektif.

Pada akhir perencanaan, perusahaan akan memiliki informasi yang merinci mengenai ketersediaan produk, proses produksi, dan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan. Biasanya, informasi akan dihasilkan dalam spreadsheet atau laporan formal lainnya.

Baca Juga: Contoh Perencanaan Agregat pada Perusahaan yang Bisa Diterapkan

Berikut ini adalah beberapa tujuan utama dari perencanaan produksi:

·         Meminimalkan kelebihan dan pemborosan yang terkait dengan pembelian bahan produksi.

·         Mengefisiensikan penggunaan bahan, alat, dan sumber daya.

·         Penggunaan waktu dan peralatan karyawan secara efektif.

Perencanaan produksi yang baik dan tepat akan meningkatkan kualitas produk itu sendiri. Peningkatan kualitas produk akan memberikan kepuasan bagi konsumen jika dilakukan secara konsisten.

Produksi yang direncanakan juga akan memperbaiki lingkungan kerja bagi tenaga kerja karena tidak ada tekanan yang berlebihan di tempat kerja. Beban kerja yang telah ditentukan juga memungkinkan tenaga kerja untuk memanfaatkan waktu mereka dengan lebih baik.

Apa Saja Jenis Perencanaan Produksi?

Setelah mengetahui pengertian dan tujuan dari perencanaan produksi, berikut adalah jenis-jenis perencanaan produksi yang perlu kamu ketahui:

1. Metode Pekerjaan

Metode pekerjaan mengacu pada perencanaan dan proses manufaktur untuk setiap barang. Metode jenis ini disebut juga dengan project-based production, di mana proses ini banyak digunakan untuk produksi on demand.

Tergantung pada pekerjaannya, perencanaan produksi manufaktur dapat dilakukan lebih cepat daripada yang direncanakan jika sistem yang otomatis banyak digunakan. Hambatan selama proses produksi dapat diantisipasi dan dihindari jika perusahaan mendiskusikan proses produksi terlebih dahulu.

2. Metode Batch

Metode perencanaan produksi batch adalah proses pembuatan produk secara berkelompok. Tipe ini memungkinkan tim manajemen untuk memantau secara ketat setiap proses produksi, sehingga perbaikan dapat dilakukan dengan cepat. Pemantauan yang dilakukan memungkinkan kesalahan atau masalah pada batch sebelumnya dapat diperbaiki pada batch berikutnya.

Kamu perlu memerhatikan jika ada mesin atau peralatan yang mampu menangani produksi dalam jumlah yang lebih banyak dari yang lain. Hal ini dapat menyebabkan kemacetan atau penundaan saat menggunakan metode batch. Mengatur dan mempertimbangkan kapasitas dari setiap mesin atau alat yang digunakan adalah hal yang wajib dilakukan setiap perusahaan.

3. Metode Aliran

Metode perencanaan produksi aliran berkaitan dengan hubungan di setiap tahap manufaktur dan langkah-langkah untuk mencegah kemacetan atau penundaan. Metode ini sering melibatkan standardisasi menyeluruh dan kontrol kualitas yang intensif.

Metode ini paling baik diterapkan pada produk yang diproduksi secara individual daripada dalam batch, tetapi tidak memerlukan desain khusus untuk setiap item. Saat merencanakan jenis perencanaan produksi ini, sangat penting untuk mengingatkan inventaris untuk menghindari penundaan pada tahap apa pun.

4. Metode Proses

Metode proses adalah jenis perencanaan produksi yang melibatkan transisi dari satu tahap manufaktur ke tahap berikutnya berjalan semulus mungkin dengan otomatisasi yang signifikan. Cara ini biasanya sangat berguna untuk produk bahan cair yang tidak dijual terpisah.

Perencanaan produksi dengan metode ini memerlukan pemantauan yang ketat untuk memastikan produk memenuhi standar pada setiap tahap produksi. Ini karena kesalahan akan memengaruhi produk lain secara signifikan. Perencanaan produksi akan melibatkan karyawan dan peralatan untuk memantau produk dengan cermat.

5. Metode Produksi Massal

Metode produksi massal mirip dengan jenis perencanaan produksi aliran, tetapi biasanya mencakup lebih banyak otomatisasi dan jalur khusus untuk menghasilkan satu produk guna mengurangi waktu yang diperlukan untuk pergantian. Perencanaan produksi ini akan membantu perusahaan untuk menghasilkan lebih banyak produk dengan cepat.

Cara ini berbeda dengan tipe batch karena tidak harus melalui tahapan-tahapan tertentu secara berkelompok. Saat merencanakan produksi massal, sangat penting untuk memperkirakan dengan tepat permintaan produk yang mungkin terjadi. Metode massal dapat membuat produk dengan cepat, tetapi dengan perencanaan yang baik perusahaan dapat menghindari kelebihan produksi.

Apa Saja Urutan Tahap Perencanaan Proses Produksi?

Untuk dapat melaksanakan perencanaan produksi dengan lancar dan tepat, ada empat tahapan yang menjadi elemen penting. Berikut adalah  empat urutan tahap perencanaan proses produksi yang perlu kamu ketahui.

1. Routing

Routing atau perutean merupakan tahapan perencanaan produksi pertama yang menentukan jalur di mana bahan baku akan diproses di perusahaan. Setelah mengikuti urutan yang ada, bahan mentah akan diubah menjadi produk jadi. Pengaturan waktu untuk setiap tahapan sangat penting karena dapat mengukur seluruh durasi proses produksi. Bisa dikatakan, rutinitas dalam manufaktur menunjukkan urutan kerja dan proses operasional.

Tahap ini akan lebih fokus pada kuantitas dan kualitas bahan yang akan digunakan, daripada sumber daya yang terlibat (tenaga kerja, mesin, dan bahan), proses operasional, dan lokasi produksi. Perutean akan mengatur “Bagaimana”, “Apa”, “Berapa”, dan “Di mana” untuk bisa berproduksi di perusahaan manufaktur. Secara sistematis tahapan-tahapan tersebut akan menjadikan proses dan pemanfaatan sumber daya secara optimal sehingga menghasilkan produk yang terbaik.

2. Penjadwalan

Penjadwalan merupakan tahap selanjutnya dari perencanaan produksi yang menekankan pada waktu operasional yang harus diselesaikan. Tujuan dari tahapan ini adalah memanfaatkan waktu yang diberikan untuk menyelesaikan seluruh proses produksi.

Perusahaan menggunakan berbagai jenis penjadwalan untuk mengatur waktu yang dibutuhkan dan disesuaikan dengan kebutuhan mereka.

3. Pengiriman

Tahap pengiriman akan memastikan bahwa proses operasional dilakukan dengan lancar dan sukses, dan semua data telah dimasukkan ke dalam perangkat lunak. Pengiriman pesanan sesuai jadwal termasuk dalam tahap perencanaan produksi ini. Berikut adalah beberapa hal yang termasuk dalam pengiriman:

·         Menyediakan bahan atau peralatan yang dibutuhkan untuk produksi

·         Memberikan arahan atau deskripsi untuk memulai proses produksi

·         Menyimpan catatan dari awal hingga akhir produksi

·         Prosedur kontrol

·         Kelola pekerjaan dari satu proses ke proses lainnya

4. Follow Up

Follow up atau tindak lanjut adalah tahap terakhir untuk menemukan kesalahan atau cacat produk, hambatan, dan kesalahan sepanjang proses produksi. Pada tahap perencanaan produksi ini, tim terkait akan mengukur kinerja aktual dari keseluruhan proses dan membandingkannya dengan harapan.

Forwarder atau stock chaser bertanggung jawab untuk melakukan proses tindak lanjut. Selama proses produksi, kemungkinan kamu akan menemui kendala seperti kerusakan mesin. Tindak lanjut akan mendorong kelancaran produksi dengan meminimalkan kerusakan.

Perusahaan yang berbeda mungkin menggunakan prosedur, perangkat lunak, dan proses yang berbeda untuk perencanaan produksi. Namun, semuanya memiliki tujuan yang sama, yaitu agar produksi berjalan lancar. Perencanaan yang baik akan memengaruhi perkembangan perusahaan secara keseluruhan.

Jika kamu berminat untuk mempelajari lebih lanjut tentang topik ini, kamu bisa mempelajari kursus manajemen operasional di GreatNusa. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi website resmi kami di sini. Semoga artikel tentang urutan tahap perencanaan proses produksi ini dapat membantumu.

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cairan semir ban dari limbah

  Membuat cairan penghitam ban luar / semir ban mobil / motor Alat : Palu Plat besi Gerinda potong Tang Obeng Wadah plastik / besi Botol pla...